Pengertian Logistik Secara Umum – Belajar Ilmu Logistik

Pengertian Logistik Secara Umum – Belajar Ilmu Logistik

Artikel Logistik – kargoku.com

Pengertian Logistik secara umum

Pengertian Logistik – Sebelum mempelajari keilmuan tentang logistik yang lebih kompleks, mari kita pahami logistik secara umum terlebih dahulu.

Logistik adalah serangkaian proses yang meliputi perencanaan, implementasi, hingga pengawasan sebuah arus.

Supaya tidak rumit memahami, dari kata-kata yang dicetak tebal dapat kita ambil kesimpulan di awal, bahwa apapun kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan hal-hal tersebut akan menjadi bagian dari logistik itu sendiri.

Arus terjadi karena adanya perpindahan, dan perpindahan ini dalam definisi yang lebih luas misalnya dalam istilah perlistrikan tentunya akan membawa muatan, begitu juga dalam hal logistik.

Muatan yang dimaksud adalah suatu barang, energi, atau sumber daya lainnya termasuk jasa dan informasi terkait, dari titik awal / origin (umumnya dikenal sebagai sumber atau modal) menuju titik penggunaan (konsumsi).

pengertian logistik - muatan barang - kargoku
ilustrasi muatan barang

Berdasarkan pengertian logistik tersebut, serangkaian proses ini tentu saja melibatkan banyak elemen yang saling berkaitan dan membentuk sebuah rantai ataupun jaringan yang kita kenal sebagai rantai pasokan atau jaringan logistik.

Tujuan Logistik secara umum

Tujuan Logistik – Dibentuknya serangkaian proses logistik bertujuan untuk menjaga efektifitas serta efisiensi sebuah arus.

Dan tidak lupa, pada akhirnya proses ini harus memastikan bahwa distribusi dari titik awal akan sampai tepat pada yang membutuhkannya.

Setiap mata rantai memiliki prioritasnya sendiri namun secara garis besar, prioritas utama dari serangkaian proses logistik pada umumnya adalah

  1. Distribusi
  2. Efisiensi
  3. Kepuasan Pelanggan

Jika anda menjalankan sebuah usaha di bidang logistik, maka dua dari ketiga poin pertama di atas harus menjadi prioritas anda. Sedangkan poin ketiga adalah bagaimana anda bersaing dengan kompetitor anda.

Manajemen Logistik

Manajemen Logistik – Kita tidak akan membahas apa itu manajemen. Mari kita ambil definisi yang paling sederhana dari manajemen yaitu mengatur.

Untuk mengatur kita perlu mengetahui apa saja bagian-bagian yang mau diatur.

Mari kita masuk pada aktivitas logistik secara umum. Serangkaian proses logistik pada umumnya akan dibagi menjadi beberapa bagian mata rantai yang saling berkoordinasi.

Aktivitas manajemen logistik secara umum meliputi

  1. Inventory Management
  2. Purchasing
  3. Transportation and Distribution
  4. Warehousing

Wah, sudah masuk istilah – istilah. Nah setelah memahami pengertian logistik secara umum , saatnya untuk mengenal lebih dalam mengenai istilah di atas, akan kita pelajari di artikel selanjutnya ya.

 

 

SAL
Setiap wadah menyempit bila diisi
kecuali wadah ilmu; ia meluas jika diisi.
SAL on EmailSAL on FacebookSAL on GoogleSAL on LinkedinSAL on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *